Bless the Knights 2023

Vakum 5 tahun, Bless The Knights muncul dengan single baru


Musik+ – Setelah vakum  hampir 5 tahun lamanya, Bless the Knights, sebuah band yang selama ini dikenal konsisten memainkan musik Djent melalui eksistensinya di skena metal semenjak tahun 2015, kembali bangkit dan merilis single terbarunya yang berjudul “Metamorphosis”.

Single terbaru yang diluncurkan ini diyakini merupakan bentuk terbaru dari band yang digawangi oleh gitaris Fritz Faraday (mrfritzfaraday) ini, dimana Bless the Knights merubah drastis konsep bermusik mereka akan tetapi tetap menjadikan solo gitar menjadi hook yang selama ini menjadi ciri khas mereka.

Keputusan untuk kembali dalam format band memang diambil karena Fritz merasa sudah waktunya Bless the Knights kembali ke panggung seiring mereda dan membaiknya pandemi Covid-19 yang melanda dunia hampir 3 tahun kebelakang.

“Gue ngerasa bahwa panggung sesungguhnya dari sebuah band itu adalah panggung fisik, the real stage is the real stage, itself. Apalagi sekarang pandemi bisa dibilang sudah berakhir, maka gue pengen Bless the Knights gue hidup lagi, jalan lagi dan kumpul-kumpul lagi sama temen – temen metalhead di seluruh Indonesia,” cetus Fritz dengan sangat bersemangat.

Terkait pemilihan tajuk “Metamorphosis” sendiri sebenarnya dilakukan semata-mata untuk memastikan sustainability dari band dan menjangkau lebih banyak pendengar yang menginginkan kemasan musik yang lebih simple tapi tetap bernuansa garang.

“Gue pengen mastiin Bless the Knights kali ini lebih ‘panjang umurnya’ dan lebih gampang diterima di kuping orang-orang yang pengennya denger yang lebih simpel. Dengan formasi sekarang, Bless the Knights akan tampil lebih ringan tapi bukan ‘ganti kelamin’, tetap ada di ranah Djent, musiknya lebih ‘tenang’ dibanding dulu tapi bakal semakin ngeri di solo gitar guenya. Dulu, dengan part yang kompleksitasnya tinggi, sulit buat cari replacement-nya personil yang berhalangan hadir atau udah gak komit di band lagi. Semoga strategi terbaru gue berjalan sesuai rencana,” pungkasnya lagi berapi-api.

Selain mengejutkan melalui perubahan cara bermusik, Bless the Knights juga kini menggandeng 2 orang vokalis sekaligus, yaitu Cas Coldfire (clean vocal) dan Gilang Rammadhan (scream vocal) dan dilengkapi oleh Naufal yang akan duduk dibelakang drum.

Proyek re-building dan rebranding Bless the Knights sendiri sebenarnya sudah dimulai dari pertengahan tahun 2022 lalu. Secara pelan tapi pasti, Fritz Faraday mencari kepingan – kepingan puzzle yang dibutuhkannya untuk meracik kemasan baru Bless the Knights yang akan dibawanya untuk kembali mengarungi pasar metal Indonesia dan internasional.

Bermodalkan materi yang lebih segar, jaringan yang masih terpelihara dengan baik dan pola manajemen baru, Bless the Knights sangat yakin untuk pelan-pelan bisa kembali ke level yang pernah mereka capai di 2018 lalu dengan banyaknya panggung dan tur, baik lokal maupun internasional yang mereka jalani.

Single Metamorphosis sudah dapat diakses di seluruh digital streaming platform seperti: Spotify, Apple Music, Deezer, Tidal, dll.

+ Bagikan