Musikplus – Dalam hal gitar yang dibuat untuk kecepatan, Charvel telah menjadi yang terdepan selama lebih dari 50 tahun. Perusahaan ini telah banyak berubah sejak Wayne Charvel mulai memperbaiki dan memodifikasi gitar Fender tua di tokonya di California, tentu saja, dan saat ini merek yang dimiliki Fender telah mendapatkan reputasi untuk membuat beberapa gitar elektrik terbaik untuk penghancur dengan harga yang beragam.
Aneh bahwa kita tidak melihat lebih banyak gitar yang berfokus pada kerusakan dengan penuaan buatan – Eddie Van Halen membuat template untuk semuanya dengan menggunakan serangkaian instrumen yang dihancurkan dan dimodifikasi secara besar-besaran. Meskipun barang peninggalan menjadi hal yang biasa di hampir setiap kisaran harga, sebagian besar instrumen berkinerja tinggi di pasaran adalah produk baru dari pabrik dan masih asli.
Charvel mulai memperbaiki hal ini – dimulai dengan model tanda tangan edisi terbatas Henrik Danhage, tetapi sekarang dengan cara yang lebih luas dan lebih mudah diakses dengan seri ‘Weathered’ yang baru pada gitar Pro-Mod San Dimas buatan Meksiko.
Apa yang dimaksud dengan Charvel Pro-Mod San Dimas Style 1?
Terinspirasi dari gitar SuperStrat yang dipopulerkan oleh Grover Jackson saat ia membeli perusahaan ini pada tahun 1978, San Dimas adalah kapak siap pakai berbahan logam yang dibuat oleh Seymour Duncan dengan kontrol yang minimal dan sekarang, dengan estetika yang memikat dari pabrik. Ini adalah gitar yang terlihat dan terasa seolah-olah Anda telah menghabiskan ratusan jam mengayam di atasnya.
Tentu saja, seluruh moralitas dari gitar baru yang menua secara artifisial telah menjadi perdebatan besar dalam budaya gitar selama beberapa dekade, dan bagi banyak orang, instrumen ini sama saja dengan penistaan. Tetapi kenyataannya adalah, jika orang tidak menyukai dan ingin membeli barang semacam ini, perusahaan tidak akan menghabiskan waktu selama 30 tahun untuk menjadi lebih baik dalam prosesnya.
Josh menyatakan bahwa pekerjaan peninggalan yang dilakukan oleh para pengrajin Ensenada Fender pada Mike McCready Strat adalah yang terbaik yang pernah dilihatnya pada instrumen non-Custom Shop, dan saya juga kagum dengan pekerjaan yang dilakukan pada bodi alder San Dimas di sini.
Jelas sekali, kita berurusan dengan pola pola penuaan di sini, karena ketiga lapisan nitroselulosa – hitam yang ditunjukkan di sini, ditambah putih dan oranye – memiliki pola yang sama dengan perbedaan yang sangat kecil.
Tentu saja, daya tarik gitar relik bagi banyak orang adalah keunikannya yang sudah usang dan lapuk, sehingga hal ini mungkin membuat para pencinta gitar relik menjauhi model ini. Namun bagi mereka yang hanya menginginkan sesuatu yang terlihat seperti bekas dipukuli secara otentik (setidaknya tanpa pemeriksaan yang cermat), gitar ini mungkin sempurna. Ditambah lagi, dengan finishing nitro, gitar ini akan terus menua dan terlihat menarik secara visual yang unik sesuai dengan gaya bermain Anda – Anda dapat melihat ini sebagai sebuah permulaan.
Yang lebih mengecewakan dari segi material adalah adanya fingerboard pau ferro – dengan Fender yang memindahkan sebagian besar instrumen buatan Meksiko ke kayu rosewood, warna yang kurang cerah di sini sangat disayangkan.
Namun, di luar papan itu sendiri, spesifikasinya jauh lebih menggembirakan – leher maple yang dipasang dengan baut menggunakan batang penguat grafit dan lapisan akhir gel uretan yang digosok dengan tangan yang terasa seperti diampelas dan diminyaki dengan baik. Semuanya dirancang untuk “permainan secepat kilat dan perpindahan posisi yang sama sekali tidak terhalang”, dan Anda akan mendapatkan tepi fingerboard yang digulung untuk kenyamanan bermain yang lebih baik.
Selain bahannya, fingerboard tersebut memiliki 22 fret jumbo, dan fingerboard dengan jari-jari majemuk 12-16 inci untuk kelenturan maksimum, sementara Anda juga akan mendapatkan roda penyetel batang rangka yang selalu ada di ujung papan itu sendiri.
Elektroniknya meliputi sepasang humbuckers Seymour Duncan – JB TB-4 di posisi bridge dan ’59 SH-1N di bagian neck – yang dikontrol melalui sakelar pemilih tiga arah dan kesederhanaan kontrol volume tunggal dan tidak ada yang lain.
Komponen kunci lain dari resep shred klasik adalah Floyd Rose tentunya, dan di sini kita mendapatkan unit 1000 Series dengan penguncian ganda untuk semua kebutuhan goyangan Anda.
Bagaimana Charvel Pro-Mod San Dimas Style 1 terasa saat dimainkan?
Sejujurnya, luar biasa. Cukup sulit untuk menemukan kesalahan apa pun dalam permainan Charvel Pro-Mod San Dimas Style 1. Bagi saya, aksi fretboard adalah tes yang paling penting dalam departemen ini – meskipun jarak senar, berat gitar, dan faktor-faktor lain ikut berperan – tetapi di sini gitar ini lulus dengan sangat baik. Pro-Mod San Dimas Style 1 secara alami diarahkan untuk pemain yang mencoba-coba lead cepat dan sapuan cepat, jadi aksi yang diputar dengan sempurna – yang tentunya diberikan oleh gitar ini – adalah suatu keharusan.
Memainkan gaya yang menuntut secara teknis sudah cukup menjadi tantangan fisik tanpa gitar yang berat yang membebani leher dan punggung Anda, dan saya juga senang dengan bobot San Dimas – bahkan dengan bobot Floyd yang ditambahkan, gitar ini membawa saya melalui sesi permainan yang panjang tanpa rasa lelah.
Saya selalu menyukai trem pengunci ganda, tetapi belum pernah menghabiskan waktu berkualitas dengan trem ini – akibatnya saya mungkin menghabiskan banyak waktu untuk melatih bridge Floyd Rose 1000 Series.
Menyetem ulang gitar Floyd juga sangat merepotkan, jadi saya terkesan bahwa setelah berjam-jam melakukan beberapa divebomb yang paling serampangan yang bisa saya lakukan, gitar tetap selaras dengan sempurna sepanjang waktu – hal yang mengesankan.
Bagaimana suara Charvel Pro-Mod San Dimas Style 1?
Meskipun ada serangkaian kontrol terbatas pada gitar itu sendiri – tidak ada pot nada sama sekali, dan hanya ada satu kenop volume master – set klasik humbuckers Seymour Duncan JB TB-4 dan ’59 SH-1N merupakan pasangan sonik yang tersortir dengan baik dan ikonik, sehingga mudah untuk memahami mengapa Charvel memutuskan bahwa tidak perlu mengubahnya lebih jauh.
Dalam pengaturan yang sangat terdistorsi – yang, mari kita hadapi itu, Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda – jembatan JB TB-4 menawarkan nada yang jelas dengan gigitan yang buas, sementara leher ’59 SH-1N menawarkan kehangatan yang indah yang membawa emosi dan artikulasi ke setiap garis utama. Perlu juga dicatat bahwa kedua pickup ini juga tampil luar biasa dengan nada yang bersih, mempertahankan artikulasi berkualitas tinggi dan rentang dinamis yang mengesankan.
Bahkan tanpa lapisan akhir yang sudah tua, San Dimas Style 1 akan menjadi gitar yang bagus dan menyenangkan bagi gitaris yang menginginkan instrumen yang serius untuk gaya shred dan gitar berat. Penampilannya akan selalu memecah belah, tetapi tidak diragukan lagi sesuai dengan silsilah dan warisan gitar Charvel dan SuperStrat secara umum – dan memberikan dasar yang keren dan bersemangat bagi Anda untuk menulis cerita Anda sendiri.
Alternatif Charvel Pro-Mod San Dimas Style 1
Pro-Mod San Dimas Style 1 dibanderol dengan harga $1.599 / £1.259, yang merupakan titik harga yang masuk akal untuk spesifikasi yang Anda dapatkan di sini, tetapi untungnya bagi mereka yang memiliki anggaran lebih sedikit untuk bermain dengan gitar shredder, pasar gitar shredder masih sangat hidup dan berkembang. Tidak jauh lebih murah, tapi harganya masih di bawah £1.000 – setidaknya di Inggris – adalah Jackson Pro Plus Series Dinky DKA, enam senar dengan spesifikasi yang nyaris sempurna. Ada juga banyak pilihan lain dalam jajaran produk Jackson dan Charvel yang menawarkan spesifikasi yang siap untuk dihancurkan dengan harga yang jauh lebih rendah. Sebagai contoh, jajaran Dinky Superstrat Jackson lainnya menampilkan gitar dengan harga di bawah £200. Namun, Anda akan mendapatkan apa yang Anda bayar – jangan berharap tingkat kinerja yang mampu dilakukan San Dimas dengan harga level pemula.